Sensor Teraneh Yang Ada Dalam Game

Sensor Teraneh Yang Ada Dalam Game

Sensor Teraneh Yang Ada Dalam Game – Sebagai produk yang dipasarkan secara legal, video game juga harus mengikuti aturan pemasaran di tempat jualnya termasuk untuk aturan lulus sensor. Karena setiap lembaga sensor di seluruh dunia selalu memiliki standar yang berbeda, aturan lulus sensor selalu menjadi masalah yang rumit karena walaupun di suatu negara segala jenis konten kekerasan dan konten seksual harus di blur semuanya selalu ada saja berbagai hal random lainnya yang harus di sensor kalau ada dalam konten suatu game.

Sensor Teraneh Yang Ada Dalam Game

1. Oh! My Car (Final Fight)

Salah satu hal teraneh dalam game Final Fight ini dimana saat kita menghancurkan mobil dalam bonus stage nya, karena saat mobilnya sudah hancur pemilik mobil akan datang dan mengatakan ‘Oh, My God’. Walaupun kata ‘Oh My God’ sering kali digunakan pada saat kaget, bagi sebagian orang di negara berbahasa Inggris kata tersebut dianggap sebagai perkataan kasar karena ada kata Tuhan di dalamnya. Akhirnya kata ‘Oh My God’ dari pemilik mobil tersebut diganti dengan kata ‘Oh My Car’.

2. Jurassic Pork (Chrono Trigger)

Pada game Chrono Trigger versi Amerika kita bisa melihat bahwa semua dialog tentang minuman alkohol harus diganti, walaupun minuman alkohol bukan menjadi indeks story game ini, di salah satu part akan ada mini games dimana karakter kita akan adu minuman keras sebanyak mungkin dengan nama skull-smash. Di versi Amerika tersebut minuman skull-smash itu diganti dengan sup bernama Jurassic Pork, yang mana walaupun developer game ini jelas berhasil menutupi semua dialog tentang alkohol, tapi mereka tetap tidak menghilangkan karakter kita terlihat mabuk. Jadinya terlihat kalau karakter kita tiba-tiba bertingkah aneh setelah kebanyakan minum sup Jurassic Pork.

3. Pesan Teks (South Park: The Stick Of Truth)

Sama seperti series kartunnya game South Park ini juga dipenuhi dengan dark jokes over-the-top dan topik yang sensitif, termasuk juga pada series game yang satu ini dimana ada total 7 scene yang disensor di versi Eropa gme ini. Karena South Park memang sudah dikenal sebagi game family friendly, Ubisoft bahkan tidak berusaha untuk menyembunyikannya atau mengganti berbagai scene tersebut dan seolah-olah mengakui kalau scene tersebut memang layak untuk disensor.

4. Semua Konten Kekerasan (Half Life)

Satu lagi game yang disensor di Jerman dimana adegan ini yang disensor adalah semua konten kekerasannya, setidaknya kekerasan kebal dengan usia. Semua musuh manusia di game ini diganti dengan robot yang terlihat seperti manusia yang memakai armor robot, tapi intinya di versi ini kita tidak akan menemukan adanya manusia yang mati, karena walaupun semua NPC manusia yang bukan musuh masih tetap dan tidak membunuh NPC tersebut maka mereka tetap tidak akan mati.

Dan itulah beberapa contoh game dengan adegan sensor atau blur teraneh yang pernah dirilis. Apakah menurut kalian adegan yang disensor tersebut memang pantas untuk disensor atau sebaliknya?

Author: nicho