Motivasi Yang Membuat Gamer Bermain Game

Motivasi Yang Membuat Gamer Bermain Game

Motivasi Yang Membuat Gamer Bermain Game – Pada tahun 2016 lalu seorang peneliti bernama Dr. Nick Yee sudah pernah membuat penelitian berjudul ‘The Science of Gamer Motivation’ untuk menemukan profil motivasi gamer dalam bermain game. Penelitian yang sudah melibatkan hingga lebih dari 1,25 juta gamer sebagai responden dan survei yang diberikan dapat disimpulkan bahwa berbagai alasan setiap orang bermain game berasal dari 12 Motivasi yakni Destruction, Excitement, Competition, Community, Challenge, Strategy, Completion, Power, Fantasy, Story, Design, dan juga Discovery. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan apa yang dimaksud dari 12 motivasi para gamer dalam bermain game tersebut.

Berbagai Motivasi Yang Membuat Gamer Ingin Bermain Game

1. Destruction

Destruction disini mengacu pada ketertarikan gamer untuk melihat kehancuran, peluru, berbagai senjata besar, dan yang lainnya seperti di GTA Series.

2. Excitiment

Excitiment mengacu pada pengalaman gameplay yang face to face yang penuh ketegangan seperti di Doom Series.

3. Competition

Competition mengacu pada keinginan untuk beradu skill dengan player lainnya seperti halnya game Mobile Legends

4. Community

Community mengacu pada keinginan untuk menjadi bagian dari suatu komunitas seperti di Free Fire yang komunitasnya sangatlah cool dan edge.

5. Challenge

Challenge mengacu pada keinginan gamer untuk bisa menyelesaikan tantangan dengan tingkat kesulitan yang tinggi seperti di Dark Souls series.

6. Strategy

Strategy mengacu pada keinginan untuk membuat keputusan yang kompleks berdasarkan informasi yang tersedia di dalam game seperti di XCOM series.

7. Completion

Completion mengacu pada keinginan untuk mendapatkan sebuah poin tertentu atau semua koleksi dalam game seperti di Super Mario series.

8. Power

Power mengacu pada keinginan untuk membuat karakter kita menjadi semakin kuat seperti di Pokemon Series.

9. Fantasy

Fantasy mengacu pada keinginan untuk merasakan rasanya menjadi karakter di dalam game seperti di The Sims Series.

10. Story

Story seperti namanya mengacu pada keinginan untuk menikmati cerita di dalam game seperti di Detroit Become Human.

11. Design

Design mengacu pada keinginan untuk mengekspresikan kekreativitasan player seperti halnya game Minecraft.

12. Discovery

Discovery mengacu pada keinginan untuk bereksperimen dan bereksplorasi untuk menemukan berbagai hal baru seperti di dalam game No Man Sky.

Walaupun ada total 12 Motivasi, Dr. Yee juga sudah memetakan motivasi yang identik dengan motivasi lainnya. Dari pemetaan motivasi ini 3 kelompok besar kemudian terbentuk yakni Action Social, Master Achievement, dan Immersion Creativity yang artinya dalam kelompok Action Social gamer yang menyukai keseruan aksi cenderung menyukai keseruan berkompetisi dalam player lain dalam sebuah Community.

Kemudian pada Master Achievement gamer yang termotivasi dengan tantangan dan strategi akan cenderung termotivasi oleh poin dan reward. Sedangkan pada kelompok Immersion Creativity gamer yang tertarik untuk mendalami stroy juga akan tertarik menjelajahi dunia dalam game. Dari survei tersebut kita bisa tahu kalau jawaban dari kenapa gamer bisa tertarik untuk memainkan game dalam genre yang berbeda-beda adalah dari motivasinya yang berbeda.

Dari sini muncul sebuah pertanyaan baru yakni mengapa gamer bisa memiliki motivasi yang berbeda untuk bermain game? Seperti seolah-olah ada sesuatu yang berbeda di dalam diri setiap gamer yang mempengaruhi perbedaan motivasi tersebut dan sesuatu tersebut adalah kepribadian. Dan itulah yang menjadi penjelasan dari 12 Motivasi para gamer dalam bermain game yang didapatkan dari suatu penelitian.

Author: nicho