Game Paling Rasis Sepanjang Masa

Game Paling Rasis Sepanjang Masa

Game Paling Rasis Sepanjang Masa – Terkadang topik rasisme yang muncul dalam suatu game malah berasal dari developer game itu sendiri. Bahkan seolah-olah topik rasisme lah yang dijadikan gimmick utama game buatan mereka.
Adapun topik rasisme yang ada di berbagai game berikut ini juga tidak dibawakan dengan tujuan edukasi ataupun representasi dunia nyata, karena pembawaannya jelas-jelas sangat berlebihan. Untuk itu berikut kami rangkum beberapa jenis game paling rasis sepanjang masa.

Game Paling Rasis Sepanjang Masa

1. Spanish For Everyone

Jika dilihat secara sekilas dari judul dan visual game ini kita pastinya mengira bahwa game ini merupakan edukasi bahasa Spanyol biasa. Tapi ternyata game ini mengandung unsur rasis di dalamnya dimana story game ini adalah seorang anak dari Amerika yang meminjamkan NDS nya pada temannya yang berasal dari Meksiko, tapi kemudian NDS tersebut tidak sengaja terbawa setelah ada seseorang misterius yang menyuruhnya untuk segera masuk ke dalam mobil yang dikejar mobil polisi yang banyak. Disepanjang perjalanannya mencari NDS nya tersebut, dia banyak menemukan kejadian kriminal dan bahkan suatu hal yang bersifat rasis.

2. Scribblenauts

Merupakan game puzzle adventure dimana karakter kita ini memiliki NB ajaib yang bisa mengubah tulisannya menjadi kenyataan. Jadi kita sebagai player bisa mengetikkan suatu kata dalam game dan akan muncul sebuah item dari kata tersebut dan bisa digunakan untuk menyelesaikan puzzle dan melanjutkan progres dalam game. Masalahnya jika kita mengetikkan kata Sambo dalam game ini, maka akan muncul sebuah benda menyerupai semangka, yang mana buah tersebut merupakan kesukaan orang berkulit hitam yang tentunya hal tersebut merupakan sesuatu yang rasis.

3. Kung Fu Chaos

Satu hal yang menjadi alasan mengapa developer memasukkan unsur budaya ke dalam gamenya adalah jika bukan ingin memperkenalkan budaya tersebut ke dunia, sebaliknya dibuat memalukan dalam sebuah game tersebut. Seperti yang terlihat dalam game ini bisa kita lihat dari penamaan berbagai karakternya yang faktanya nama-nama tersebut merupakan nama chinese dan semua karakternya memiliki wajah dengan mata yang sipit.

4. Playing History 2

Kalau dilihat dari judulnya saja pasti kita semua bisa tahu tentang apa yang akan dilakukan dalam game ini, yaitu memainkan event sejarah sebagai perdagangan budak di Afrika. Parahnya lagi game Playing History 2 ini menghadirkan game puzzle yang terlihat sangat rasis diaman setiap budak manusia tersebut disusun ke dalam kapal dengan tubuh yang menyerupai balok tetris. Akan tetapi setelah dilakukan klarifikasi pada developer game tersebut, pihak mereka menyatakan bahwa gambar tersebut bisa menjadi edukasi bahwa zaman perbudakan manusia saat itu memang benar-benar kejam.

Dan itulah beberapa jenis game paling rasis sepanjang masa yang pernah dibuat dan dirilis oleh sejumlah developer.

Author: nicho